Sedekah, memperbesar rezeki


Ustadz Yusuf Mansur sering menghimbau kita masyarakat Indonesia untuk bersedekah, seolah-olah dengan sedekah maka seluruh masalah dan kekurangan yang kita hadapi akan diganti dengan yang lebih baik dan menjadi baik keadaannya. Namun ada juga mereka yang menghimbau untuk membakar menyan, ke dukun dan hal lainnya yang aneh dan tidak masuk akal. Yuk kita bahas tentang sedekah, karena yang ke dukun itu sudah pasti syirik dan menduakan Alloh swt., jadi merupakan jalan untuk orang yang tersesat, bagaimana dengan sedekah? Semoga menjadi petunjuk untuk mereka meninggalkan jalan kesyirikan.

Apakah sedekah itu? Sedekah adalah memberikan sesuatu yang ada pada diri kita kepada orang yang lebih membutuhkan untuk mengangkat dan menjadikan seseorang atau banyak orang menjadi lebih baik dan terjaga. Senyum, membantu pembangunan masjid, infaq untuk kebutuhan masjid, membantu anak yatim piatu, membantu tetangga yang butuh bantuan, memberi pengemis, memberi beasiswa, dan banyak contoh lagi itu semua adalah sedekah.

Beberapa manfaat sedekah menurut hadits yang shohih:

  1. Melancarkan rezeki, dapat merubah takdir bagi mereka yang merasa hidupnya di dunia tidak beruntung rezekinya, maka bersedekahlah dan itu akan membuka pintu rezeki.
  2. Dapat menolong dalam kesulitan dengan cara tawassul melalui sedekah, contoh ini seperti yang ada pada cerita ashabul kahfi itu, mereka mengingat sedekah mereka ketika ingin keluar dari kesulitan keluar dari goa, mereka saling bertawassul kepada amalan mereka kepada Alloh swt., dan Alloh swt., mendengar do’a tersebut.
  3. Membuat hidup terasa berkah, tidak terasa sulit
  4. Menjauhkan bencana, sehingga ketika musibah akan datang, musibah itu diperingan dahulu akibat sedekah, dan kita hanya menghadapi dengan keadaan ringan
  5. Mempererat rasa persaudaraan, menyambung silaturahim

Diriwayatkan oleh Ali, bahwa Rasululah SAW bersabda,
“Sedekah dapat merubah takdir yang mubram (yang pasti).” (HR. Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi dan Imam Ahmad).

“Siapa yang memberi pinjaman kepada Alloh dengan pinjaman yang baik, maka Alloh melipat gandakan balasannya dan baginya pahala yang mulia” (QS. Al-Hadid 57:11)

“Ingatlah, kamu ini orang orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Alloh SWT, maka diantara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Alloh lah Yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang orang yang membutuhkan (Nya). (QS. Muhammad : 38)

“Tidak pernah berkurang harta yang dishodaqohkan…Kecuali ia bertambah…bertambah…bertambah.” (HR. At-Tirmidzi)

“Dan Alloh senantiasa memberi pertolongan kepada hamba-Nya, selama ia menolong saudaranya” (HR. Muslim)

Sedekah juga mencegah dari kekikiran, maka jika kamu takut miskin bersedekahlah maka hidupmu akan mudah, jika kamu ingin menjaga berkah dan kekayaan bersedekahlah maka kekayaanmu akan terjaga, jika kamu ingin kaya dunia dan akhirat beramallah dengan ikhlas, dan ingat-ingat bahwa semua amal kita bertujuan untuk disayang Alloh swt., sehingga kita lebih ikhlas dalam beramal dan bersedekah.

Selain bersedekah kita juga diwajibkan zakat, yaitu 2.5 persen, untuk yang satu ini memang paling penting dan jangan dilupakan. Good luck dan jadilah sukses berkah bersama sedekah.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    rr150se said,

    betul2..cuma skrg sayangnya byk org yg pura2 susah(peminta sedekah) bisa kerja normal malah ngemis pake gaya pura2 cacat..


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: