Cara memilih Bisnis yang bagus


Masih bingung mau bisnis apa? Tidak perlu bingung, jika baca artikel ini, yuk simak. Apa itu bisnis, bisnis adalah memaksimalkan kemampuan kita untuk memuaskan orang yang membutuhkannya lalu kita mendapatkan bayaran atas hal itu. Jika kita punya skill dalam pembuatan kue misalnya, maka bisnis itu adalah menjadikan pelanggan yang membeli kue merasa puas telah membeli kue kepada kita, lalu itu menjadikan ia harus membayar kita atas kepuasannya. Itu disebut dengan bisnis.

Jika sudah tahu apa itu bisnis, tentu kita juga perlu tahu bisnis apa yang cocok buat kita? Jawabannya juga sebenarnya masih sama dengan pembahasan diatas, yaitu cari tahu lingkungan Anda memerlukan apa, dan kira-kira apa hal yang bisa membuat mereka puas dengan keberadaan kita di sana, kalau sudah ketemu, mulailah bisnis maka Anda adalah pelayan yang baik bagi mereka yang membuat Anda dibayar dan bisa kaya. Jadi bisnis itu bukanlah apa yang cocok bagi Anda, tetapi apakah yang cocok bagi masyarakat sekitar dan lingkungan Anda.

Jika Anda memiliki hobbi dan sangat sulit meninggalkan hobi tersebut lalu ingin menjadikannya bisnis, ini akan terkait dengan lokasi yang strategis. Misalkan saja hobbi Anda adalah sepak bola, dan ingin menjual pakaian bola dan alat-alat olahraga, maka yang paling tepat Anda lihat dimanakah yang memerlukan barang-barang untuk hobbi Anda ini?? Jawabannya tentu saja, mungkin di dekat stadion atau di pasar pakaian.

Kesuksesan atau kekayaan juga terkait dengan pelanggan dan omzet, untuk itu pintar-pintarlah memilih lokasi yang menguntungkan untuk bisnis Anda, sebagai contoh, jika Anda tertarik dengan bisnis computer maka tempat yang tepat adalah di daerah kampus-kampus besar, atau Pusat computer di Glodok atau Mangga Dua. Bagaimana jika Anda membuka di tempat yang tidak seperti itu, bisa saja, mungkin pendapatan Anda juga akan biasa-biasa saja. Kecuali mungkin jika Anda sentuh dengan bisnis online dan promosi yang jitu, sehingga pelanggan mau ke tempat Anda, dan itu akan lebih membutuhkan dana promosi dan tenaga ekstra untuk membuat toko Anda ramai.

Terkadang modal menjadi halangan seseorang untuk memulai bisnis, katakan tidak menjadi halangan untuk hal ini. Anda bisa mengembangkan potensi mencari modal dengan asset yang Anda miliki, misalkan Anda bisa mendapatkannya dari jasa service, atau BPKB kendaraan jika bisnis yakin dapat berkembang. Yang penting mulai dulu bisnisnya.

Cara memilih bisnis paling mudah adalah lihat dulu pusatnya dan kebutuhan masyarakatnya. Jika pusat itu menjadi incaran banyak orang dan kemungkinan 80% orang akan ke sana jika mencari barang tersebut, maka bukalah toko ditempat tersebut, jika Anda membuka di tempat lain bisa saja berhasil namun tidak akan semenarik di pusatnya. Misalkan Anda ingin bisnis jual beli handphone, kita tahu hampir setiap orang membeli hanphone ke roxy atau ITC, maka, buka toko di tempat itu sangat tepat.

Jika bisnis yang anda jalankan tidak ada pusatnya, atau pusatnya 30% saja masyarakat sekitar akan pergi kesana, dan sisanya hanyalah ada pedagang yang pergi ke sana, maka, bisnis ini tepat di semua tempat yang dibutuhkan masyarakat. Misalkan saja bisnis yang tidak punya pusat, seperti toko listrik, rumah makan, sembako, bengkel, atau banyak lagi. Toko listrik sebenarnya ada pusatnya, yaitu pasar Kenari, tetapi perhatikan kondisi masyarakat, apakah mereka mau ke kenari untuk membeli 1 roll kabel listrik? Atau apakah mereka akan ke kenari untuk beli stop kontak yang terbakar? Jawabannya kemungkinan besar tidak, karena mereka akan menghitung ongkos, dan butuh cepat barang tersebut, misalkan saja lampu, jika lampu mati, ia akan mencari toko terdekat untuk membeli lampu. Maka toko listrik berbeda dengan toko computer, dimana jika computer seseorang rusak, maka ia masih bisa menunda membeli sparepartsnya dan menjadwalkan waktu untuk pergi ke pusat computer di Mangga dua.

Semoga membantu Anda, dan bangun semangat wirausaha untuk Indonesia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: