Lokasi strategis faktor utama toko ramai


Banyak faktor penentu ramainya sebuah toko, namun banyak yang sudah dilakukan tetapi toko tetap saja, sepi… kalau begini bagaimana caranya??

Kita harus perhatikan lokasi toko dulu sebelum membuka sebuah toko, lokasi strategis dan bagus pasti menghasilkan omzet lebih besar dari toko yang tidak strategis dengan menggunakan cara jual yang sama. Terkadang omzet yang besar itu juga didapat dengan strategi yang mudah jika toko strategis.

Setelah toko strategis juga perlu memperhatikan keadaan dagangan, apakah harga kompetitif, lengkap dan promosi sudah dilakukan. Jika masih sepi kemungkinan toko tidak pada lokasi yang baik dan menguntungkan.

Cara memilih toko yang strategis sangat mudah saja, biasanya adalah:

1.      Terletak dipinggir jalan, perhatikan jam dan lihat dalam 1 menit ada berapa kendaraan yang lewat digaris Anda berdiri, semakin banyak semakin bagus karena semakin banyak yang melihat, tetapi jika berada dalam gedung, perhatikan tempat parkir sebelum menempati lokasi dan orang yang jalan-jalan hilir mudik di area tersebut, semakin banyak semakin hidup.

2.      Ada angkutan yang lewat, semakin banyak angkotnya semakin bagus, angkotnya juga jika semakin kelihatan banyak penumpang pada setiap angkot yang lewat maka orang yang hilir mudik juga banyak.

3.      Tidak harus besar dan luas, tetapi mudah dijangkau

4.      Hindari memilih toko di jalur cepat seperti cepatnya di jalan tol, bisa-bisa mereka mau mampir, kendaraan yang dibelakang sudah tidak sabar mau menabrak

5.      Agak macet biasanya bagus, tetapi jangan terlalu macet, dijamin orang akan berfikir tidak mau datang saat itu juga jika ke sana saja perlu 20 menit karena macet

6.      Perhatikan rumah yang ada disekitar, usahakan penghuninya yang agak mapan dalam ekonomi, biasanya kecipratan rezekinya

7.      Jalur alternatif biasanya juga bagus, tetapi ia harus sering dilewati dan jadi pilihan calon konsumen untuk mencoba jalan itu

8.      Dekat pasar, berarti harus bersaing, ciptakan harga lebih murah maka pasti berhasil

9.      Kalo toko itu strategis pasti dibutuhkan konsumen, dan dianggap menguntungkan kita membuka bisnis dan berada di situ, untuk itu beri nilai tambah pada mereka; perhatikan keinginan konsumen, boleh saja menyediakan apa yang diminta konsumen menjadi pilihan barang dagangan, sehingga menjadi toko ini ada pak, itu ada pak.

 

Selamat memilih toko dan jadilah wirausahawan yang sukses !!

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    […] sangat sulit meninggalkan hobi tersebut lalu ingin menjadikannya bisnis, ini akan terkait dengan lokasi yang strategis. Misalkan saja hobbi Anda adalah sepak bola, dan ingin menjual pakaian bola dan alat-alat olahraga, […]

  2. 2

    […] sangat sulit meninggalkan hobi tersebut lalu ingin menjadikannya bisnis, ini akan terkait dengan lokasi yang strategis. Misalkan saja hobbi Anda adalah sepak bola, dan ingin menjual pakaian bola dan alat-alat olahraga, […]


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: