Safety Riding berpengaruh besar menekan kecelakaan


Safety Riding tidak sekedar memiliki SIM

Mengendarai sepeda motor adalah berbahaya bagi yang tidak mengerti cara beradaptasi di jalanan, selain rodanya hanya dua, motor juga bisa dibawa dengan kecepatan tinggi, pada kondisi jalan raya yang tidak menentu keadaannya tentu harus cermat dengan peraturan safety.

 1.   Gunakan Jaket

Agar tidak masuk angin dan tidak mengalami penyakit paru-paru basah dalam jangka panjang

 2.   Gunakan Helm

Helm selain berguna untuk melindungi kepala juga sangat berguna untuk menghindari benturan yang bisa saja terjadi seperti benturan dengan spion mobil besar atau benturan ketika terjatuh.

 3.   Gunakan sarung tangan

Selain membuat kulit tidak hitam, juga bisa melindungi dari patah tulang ketika jatuh, karena dengan memakai sarung tangan rider akan siap dengan teknik jatuh yang baik tanpa takut ada lecet, selain itu juga akan membuat kulit tetap sexy.

 4.   Gunakan sepatu

Terkadang dengan teknologi sandal jaman sekarang yang semakin canggih, penggunaan sepatu tidak terlalu perlu apalagi untuk jarak dekat, namun jangan sepelekan penggunaan sepatu untuk jarak jauh, karena kelelahan dapat mengakibatkan sandal selip saat ganti gigi atau pengereman juga berisiko terlepas saat yang tidak diinginkan.

 5.   Gunakan rem depan dan rem belakang

Pengereman sangat tidak baik dengan rem depan saja, akan mengakibatkan selip dan ban belakang sliding, tetapi juga tidak baik dengan ban belakang saja, karena ban belakang bisa mengunci dan tergelincir. Gunakan rem belakang dahulu hingga motor melambat dan kombinasikan dengan rem depan untuk mengatur kecepatan melambat atau untuk berhenti.

 6.   Kenali Jalan dan medan

Banyak pengendara yang melakukan maneuver berbahaya, bukan karena ia buru-buru saja tetapi terkadang karena ingin dipandang jago dalam bermotor, padahal itu sangat berbahaya selain untuk dirinya sendiri juga untuk pengendara lain. Jika ingin mengebut bisa saja di jalan yang kosong dan aman dari kondisi gang kiri dan kanan yang biasanya banyak kendaraan keluar masuk, dan hindari maneuver berlebihan dikeadaan kecepatan agak tinggi dan kondisi macet atau padat. Selain itu sebelum lebih percaya diri dalam menghadapi jalan raya yang Anda lewati, ada baiknya sebelumnya memang Anda sudah pernah lewati jalan itu sehingga dapat menghindari kecelakaan akibat jalan berlubang atau jalan licin yang tidak kita ketahui sebelumnya.

 7.   Hati-hati saat lampu hijau dan sepi

Lampu hijau bukan berarti kita bisa tancap gas hingga 100 km/jam dari jarak jauh, Negara ini sangat berbahaya dengan keadaan orang-orang yang melanggar lampu lalu lintas dari arah lain yang masih berwarna merah, jika mereka menerobos, mungkin ia bersalah tetapi Anda tentu mengalami luka-luka dan kerusakan pada sepeda motor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: